Langkah membuat blog untuk pemula

Yuk Simak Langkah Membuat Blog Untuk Pemula, Begini Caranya!

Berbicara tentang blog, dipikiran kita pasti telah mengarah tentang website milik pribadi. Blog adalah sebuah website atau media online yang memiliki multifungsi memberikan konten bisa berupa berita, cerita, atau artikel sekalipun bisa juga disertai gambar.

Blog cukup populer sebagai tempat membaca, telah lebih dari 600 juta blog yang aktif di dunia, ini menandakan bahwa blog sebagai media membaca elektronik yang cukup diminati banyak orang di dunia. Topik yang biasanya diberikan dalam blog ini seperti kuliner, kesehatan, keuangan, wisata, gaya hidup hingga fashion.

Blog sendiri juga memiliki beberapa jenis, bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan konten. Karena umumnya blog tidak hanya bersifat milik pribadi. Jenis blog diantaranya yaitu blog pribadi atau personal biasanya konten berupa cerita atau pengalaman pribadi pemilik, kemudian blog profesional ini hanya memiliki satu atau fua tema konten khusus, dan blog bisnis atau perusahaan yang kontennya berupa promosi dan penjualan.

Sebelum mengetahui langkah membuat blog untuk pemula, blog pada umumnya memiliki struktur, dimana komponennya mencakup, Header (Bagian atas blog berisi judul, menu blog), Navbar (menu pembantu pengunjung untuk menjelajah blog), Main Blog (tempat postingan blog berada), Sidebar (terdapat pada samping blog, bisa berisi widget, iklan dan lain sebagainya). Dan Footer (merupakan bagian bawah berisi informasi kontak, form, subscribtion, dan alamat email).

Langkah Membuat  Blog Untuk Pemula

Berikut beberapa langkah membuat blog untuk pemula, diantaranya:

  1. Menentukan platform untuk membuat blog

Blog bisa dibuat di beberapa platform penyedia. Berbagai platform penyedia ini tentunya menyediakan fasilitas dan kententuan yang berbeda meskipun pada dasarnya tujuannya sama yaitu untuk menciptakan laman blog.

Beberapa platform penyedia untuk membuat blog diantaranya, WordPress.org, Blogger.com, WordPress.com, Weebly, Tumblr, hingga Medium. Beberapa platform ini menyediakan fasilitas dan tampilan blog dengan ciri khas masing-masing, ada yang gratis hingga berbayar.

  1. Menentukan tema konten blog

Langkah membuat blog untuk pemula berikutnya yang paling penting adalah menentukan konten yang akan diupload pada blog kamu. Blog pada umunya harus memiliki konten yang linier agar bisa dinikmati pengunjung atau pembaca yang memang memiliki minat dalam sebuah konten tersebut. Kamu bisa memilih konten blog seperti untuk tutorial, blog informasi, blog wisata atau kuliner, blog untuk fashion, blog untuk review dan lain sebagainya.

  1. Memilih nama blog dan domain

Langkah ini salah satu yang penting, memiliki nama blog yang menarik juga akan dapat menarik minat pembaca selain konten yang disuguhkan. Kamu bisa mencari beberapa inspirasi untuk nama blog yang baik sebelum kamu memutuskan untuk membuat blog. Nama blog ini yang nantinya juga akan menentukan domain dari blog kamu. Seperti pada pengertiannya bahwa domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer misalnya email server atau web server.

 

About administrator

Check Also

blog adalah

Mengingat Blog Adalah Situs Web, Ini Tips Membuat Blog Tampil Secara Profesional

Seperti diketahui bersama blog adalah aplikasi website yang isinya tentang berbagai macam konten tertentu. Baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published.