Cara Mengurangi CSS dan JS Pada Website
Cara Mengurangi CSS dan JS Pada Website

Berikut Cara Mengurangi CSS dan JS Pada Website

Cara Mengurangi CSS dan JS Pada Website – . Salah satu masalah yang sering muncul dalam sebuah blog adalah lambatnya website blog anda terbuka setelah diklik. Secara tidak langsung, hal ini tentu akan menurunkan performa SEO blog anda, serta merusak citra blog itu sendiri.

Masalah ini sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai faktor, mulai dari internet yang lambat maupun hosting yang buruk. Selain itu, banyaknya CSS dan javascript (JS) pada website juga dapat menjadi penyebabnya.

Cara Mengurangi CSS dan JS Pada Website

Adapun cara mengurangi CSS dan JS agar blog atau website tidak berat bisa dilakukan dengan beberapa metode tersendiri. Bagi orang yang sudah paham bahasa pemrograman, melakukan hal ini tentu terbilang mudah.

Namun bila anda belum mengerti bagaimana melakukannya, berikut merupakan beberapa cara termudah yang bisa coba anda terapkan.

Mengenai HTML, CSS, dan javascript

HTML, CSS, javascript adalah tiga buah elemen penyusun sebuah website berbasis wordpress.

Kala akan membuka sebuah website atau blog, hal yang pertama kali diproses oleh browser adalah script, yang berisi javascript dan CSS. Setelahnya, browser akan memproses html sebelum akhirnya menampilkan keseluruhan isi web.

Banyaknya CSS dan JS pada sebuah web akan membuat browser bekerja lebih lama untuk memprosesnya. Hal ini tentu berakibat pada lamanya waktu yang diperlukan untuk menampilkan isi sebuah blog.

Terlebih, sebuah script juga bisa menghalangi proses rendering page. Render blocking script semacam ini dapat berpengaruh negatif pada kecepatan serta performa sebuah website berbasis wordpress.

Cara Mengurangi CSS dan JS

Untuk mengurangi CSS dan JS yang tidak diperlukan pada web, terdapat beberapa plugins yang bisa anda gunakan, diantaranya :

  1. W3 Total Cache

Pluginswordpress ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja suatu website. Dengannya, anda bisa mengelola beberapa cache yang ada pada suatu server.

Untuk menghapus CSS javascript melalui plugin ini, pertama anda harus mengetahui dan mengeluarkan dulu semua script JS dan CSS yang menjadi penyebab render-blocking. Hal tersebut bisa anda lakukan melalui google page speed insights.

Setelahnya, anda bisa meminify kedua file JS dan CSS tersebut secara terpisah. Anda bisa melakukannya melalui menu performance, kemudian memilih general settings.

Disana, anda akan menemukan sub heading minify. Anda bisa langsung melakukan minify semua JS dan CSS yang sudah dipilih.

  1. Auto Optimize

Anda juga bisa menggunakan plugins Auto Optimize untuk menghapus CSS serta javascript yang menyebabkan render-block.

Untuk melakukannya, anda tentu perlu mengunduh dan menginstalplugin ini terlebih dahulu di wordpress. Setelahnya, anda cukup pergi ke menu settings, kemudian pilih menu autooptimize. Disini, anda akan diberi pilihan boxOptimizeJavascript Code serta Optimize CSS Code.

Anda tinggal memberi tanda centang pada kedua box tersebut, lalu pilih savechangesandemptycache.

Bagaimana? Cara mengurangi CSS dan JS agar blog atau website tidak berat tidak begitu sulit dilakukan, bukan? Seiring waktu, anda juga bisa menggunakan fitur-fitur lanjutan pada kedua plugins tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *