Cara Menautkan Peta Situs untuk WordPress ke Google Search Console

 

Menautkan peta situs – . Google Search Console merupakan suatu google webmastertool yang mana dibuat oleh Google dengan tujuan membantu pemilik situs web mengidentifikasi performa situs web mereka. Ini akan membantu Anda dalam mengetahui domain web dan berbagi link, supaya orang lain dapat berkunjung ke situs Anda dan meningkatkan traffic.

Bagaimana cara menautkan peta situs untuk wordpress ke googlesearchconsole? Berikut ini adalah cara menautkan wordpress ke Google SearchConsole.

  1. Login Akun Google dan masuk ke Google Search Console

Pertama, Anda perlu Login ke akun Google Anda. Anda yang belum memiliki alamat gmail maka perlu membuatnya sterlebih dahulu.

Selanjutnya adalah dengan mengetik Google Search Console dan masuk dan klik Mulai Sekarang.

  1. Tambahkan properti

Selanjutnya, tambahkan properti dengan klik Tambahkan Properti. Anda bisa menambahkan hingga sekitar 1000 properti pada akun Google Search Console Anda.

Anda perlu memilih Website pada menu drop-drown yang tersedia. Selanjutnya, masukkan URL website WordPress. URL yang dimasukkan harus sama, supaya alamat yang diketikkan tepat menuju pada URL tersebut.

Sebagai contoh, jika domain Anda adalah https://sepatusaya.wordpress.com/, maka Anda harus pastikan menulisnya sama, baik karakter hingga penulisan huruf besar dan kecilnya. Berikan tanda ‘/’ pula di akhir alamat domain.  Jika Anda menggunakan www dalam domain Anda, maka itu juga perlu dituliskan juga.

Setelah selesai, Anda kemudian klik Melanjutkan.

  1. Tahap verifikasi

Tahap selanjutnya adalah memverifikasi situs web. Hal ini biasanya dilakukan untuk tujuan keamanan. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam verifikasi di antaranya adalah: upload file HTML, HTML tag, menggunakan akun Google Analytics, menggunakan akun Google Tag dan memasukkan domain name provider.

Anda bisa memilih satu cara yang Anda kehendaki atau yang paling mudah menurut Anda. Jangan lupa klik Verifikasi setelah selesai.

  1. Masuk pada situs WordPress

Selanjutnya, Anda bisa masuk pada situs WordPress Anda dan pilih menu Webmastertools.

Pada Google verification code, terdapat kolom yang dapat Anda isi sesuai dengan kode verifikasi yang telah masuk pada akun Google Search Console Anda.

Tuliskan kode sesuai dengan yang tertera dan klik Simpan Perubahan.

  1. Buka kembali akun Google Search Console

Anda sudah berhasil menghubungkan situs WordPress ke Google Search Console Anda. Selanjutnya, pilih menu Peta situs untuk melihat peta situs yang telah berhasil Anda kirimkan. Anda juga dapat mengetahui berapa jumlah URL yang dapat ditemukan pada situs WordPress Anda.

Google Search Console dapat membantu dalam mengidentifikasi keyword artikel SEO friendly, backlink, dan halaman populer untuk Anda terapkan pada situs Anda. Selain itu, alat ini juga dapat mengidentifikasi demografi pengunjung, perangat yang mereka gunakan, dan juga masalah keamanan.

Sekian informasi cara menautkan peta situs untuk wordpress ke google search console yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat!