Cara Membuat Google Search Console Dengan Baik

Berbicara mengenai google sebagai pengguna setia google, seberapa jauh Anda mengetahui tentang bagian-bagian google, seperti google search. Lalu, apakah Anda tahu tentang google search console? Jika belum, inilah penjelasannya dan cara membuat google search console.

Apa Itu Google Search Console?

Sebagai pengguna google tentu ada bagian-bagian yang tidak Anda pahami atau ketahui, seperti google search console ini. Google search console sendiri merupakan bagian dari layanan google yang dapat membantu Anda memantau dan  mempertahankan hadirnya situs Anda di bagian google penelusuran.

Sebelumnya google search console ini lebih dikenal dengan nama google webmaster yang memiliki fungsi untuk meningkatkan situs di hasil pencarian dan tentunya menampilkan laporan status indeks dari web yang sebelumnya didaftarkan. Adapun manfaat dari google search console adalah :

  1. Adanya notifikasi ketika website error.
  2. Dapat melihat kata kunci paling diminati untuk website Anda.
  3. Dapat melihat halaman populer di website.
  4. Mengetahui dengan cepat ketika link error pada website.
  5. Dapat mengetahui perangkat dari visitor.

Dari penjelasan google search console di atas membuat kita tahu peran penting dari google itu sendiri. Sebelum menjelaskan cara membuat google search console yang benar, tentu saja Anda harus tahu cara buat akun google baru lebih dulu. Inilah cara membuat akun google yang baru :

  1. Membuka halaman untuk login akun google.
  2. Klik pada tulisan “buat akun”.
  3. Masukkan nama Anda.
  4. Klik gunakan alamat email yang sudah tertera di perangkat Anda.
  5. Masukkan alamat email Anda.
  6. Klik berikutnya.
  7. Verifikasi alamat email kode yang dikirimkan melalui email.
  8. Klik verifikasi.

Cara Daftar Google Search Console

Mengenai google search console cukup banyak memberikan penawaran fitur yang cukup membantu dalam menemukan masalah pada situs Anda. Untuk itu, Anda wajib tahu cara tepat untuk membuat atau mendaftar google search console itu.

  1. Membuka halaman google search console.
  2. Login menggunakan akun google.
  3. Pilih add properti.
  4. Pilih domain.
  5. Masukkan nama website Anda.
  6. Salin kode verifikasi.
  7. Membuka halaman bagian penyedia domain.
  8. Menempelkan kode verifikasi ke DNS configuration.
  9. Lalu klik verify.

Setelah mendaftar atau membuat google search console, cara tepat untuk  Anda menggunakannya adalah setiap hari setelah mendaftar dan setiap bulan untuk mengecek ada error atau masalah dalam situs penelusuran google milik Anda.

Google search console menjadi situs yang cukup membantu Anda dalam meningkatkan dan memahami google melihat situs Anda. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis Anda wajib mengetahui cara membuat google search console secara dasar agar Anda paham cara kerjanya.