6 Cara Mudah Membuat Website untuk Jualan, Pemula Wajib Tahu

Membuat website untuk jualan – . Bagi seorang pengusaha memang harus dapat menggunakan teknologi masa kini sebaik mungkin, salah satunya memanfaatkan media internet sebagai media jualan berbasis online dengan menggunakan website. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat website untuk jualan. Simak penjelasannya berikut ini.

Komponen Penting Pembuatan Website

Terdapat 2 komponen penting dan utama dalam pembuatan website untuk jualan, yaitu: domain dan hosting. Yang mana domain merupakan penamaan untuk website yang anda miliki agar dapat dengan mdahnya dicari banyak orang pada lama mesin pencari melalui internet.

Dan hosting merupakan penyedia akses bagi orang untuk dapat melihat produk yang anda tampilkan, dapat menentukan performa website anda agar tidak mudah eror, dan juga dapat mengetahui traffic seberapa sering website anda dikunjungi.

Rekomendasi domain dan hosting termurah dan terbaik 2022, antara lain: niagahoster, rumahweb, hostinger ID, dll.

Cara Membuat Website untuk Jualan Anti-Ribet Melalui WordPress

Install WordPress

Sebelum membuat website, pastikan anda sudah menginstall wordpress pada perangkat anda. Dengan menginstall wordpress dapat memudahkan anda dalam membuat website yang anda inginkan.

Masuk Dashboard WordPress

Setelah melakukan peng-install-an wordpress, anda perlu log in terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, anda dapat membuat akun sesuai dengan arahan yang sudah tersedia. Jika sudah log in, anda akan diarahkan pada website wordpress secara otomatis pada url namasitus.com/wp-admin. Jika sudah memasuki halaman utama, terlihat menu dashboard pada wordpress.

Install Plug in Woo-commerce

Cara untuk melakukan install plug in woo-commerce, adalah dengan mengklik menu plug in pada sisi kiri layar. Setelah menu plug-in muncul, pilih add new. Kemudian cari plug-in woocommerce, setelah itu lakukan peng-install-an.

Setting Plug-in Woo-commerce

Setelah plugin woocommerce terinstall dan melakukan aktivasi, anda akan diarahkan pada halaman setting. Pada halaman tersebut, anda dapat menyesuaikan pada toko jualan anda hingga lengkap dan selesai. Pastikan sudah sesuai dengan toko jualan anda.

Upload Produk

Jika anda sudah melakukan setting plugin woocommerce pada website anda, langkah selanjutnya dalam membuat website untuk jualan adalah meng-upload semua produk yang anda miliki dan yang akan anda jual melalui website tersebut. Caranya sangat mudah hanya dengan memilih menu Products pada wordpress, kemudian pilih option add new.

Postingan Produk

Setelah selesai meng-upload produk anda pada laman wordpress, selanjutnya anda harus membuat postingan produk dengan menyertakan nama serta deskripsi produk. Dapat juga disesuaikan dengan kategori yang berbeda-beda. Jangan lupa menambahkan gambar.

Demikian sudah penjelasan mengenai cara membuat website untuk jualan, dengan wordpress anda dapat membuat website tanpa bahasa pemrograman yang rumit. Semoga bermanfaat.